Setiap jenis motor memiliki spesifikasi mesin tersendiri yang berbeda antara satu dengan lainnya. sehingga ketika melakukan perawatan, tidak bisa menyamakan cara perawatan untuk motor satu dengan motor yang lain. Perawatan motor bebek berbeda dengan motor matic lantaran mesin yang ditanamkan pada masing-masing motor tersebut berbeda. Begitu juga dalam hal memilih oli yang tepat.

Untuk melakukan perawatan mesin motor tidak lepas dari yang namanya pelumas atau oli. Perbedaan spesifikasi setiap mesin motor membuat penggunaan oli pun tidak bisa disamaratakan. Agar mesin motor lebih awet, maka pemilihan oli harus dilakukan dengan tepat. Jangan sampai oli yang digunakan justru mengganggu performa mesin. Lalu, bagaimana memilih oli mesin yang tepat untuk sepeda motor matic?

TIPS MEMILIH OLI MOTOR MATIC

Dalam memilih oli motor matic, pastikan terlebih dahulu bahwa oli yang akan digunakan tersebut sudah bersertifikasi, sehingga aman untuk digunakan. Sertifikasi oli di Indonesia biasanya disesuaikan dengan kendaraan yang beredar di Indonesia. Setidaknya ada 2 sertifikasi yang harus dilewati oleh jenis oli agar aman untuk digunakan pada motor matic, yaitu sertifikasi API dan sertifikasi JASO.

Pastikan bahwa oli yang digunakan sudah bersertifikat dari American Petroleum Institute (API). Oli yang telah berstandar API berarti sudah melalui tes kualitas oli. Sertifikasi kedua yakni dari Japanese Automotive Standar Association (JASO), yakni standar untuk memeriksa kualitas oli untuk motor pabrikan Jepang yang biasanya digunakan oleh orang Indonesia. Baca selanjutnya di: https://www.republikseo.web.id/rekomendasi-oli-motor-matic-terbaik-di-indonesia/

Selain sertifikasi diatas, memilih oli mesin yang tepat untuk motor matic juga harus berdasarkan standar JASO, atau oli standar motor pabrikan Jepang. Karena kebanyakan motor matic yang ada di Indonesia mengusung tipe kopling kering, maka dalam memilih oli motor matic harus melihat juga kode JASO MB. Kode tersebut bisa diartikan bahwa oli ini khusus untuk motor pabrikan Jepang yang menggunakan tipe kopling kering.

Perlu diperhatikan juga, bila oli tidak memiliki standar JASO, disarankan untuk tidak memakainya, sebab akan mengakibatkan kopling motor yang dilumeri oli cepat aus. Beberapa orang kadang juga menggunakan oli mobil untuk melumasi mesin motor matic lantaran mesin motor matic hampir mirip dengan mesin mobil. Namun hal ini tidak direkomendasikan. Karena pada oli mobil terdapat zat adiktif yang tidak cocok dengan kondisi mesin motor matic.

Sebagai kesimpulan, memilih oli mesin yang tepat untuk sepeda motor matic Anda, setidaknya ada 3 spesifikasi yang wajib tertera di botol oli, yaitu ukuran SAE, Standar API SL, dan standar JASO MB. Sekali lagi, jangan menggunakan oli merek apapun jika tidak mencantumkan 3 spesifikasi diatas.